Rabu, 14 November 2012

Istilah Paling Dasar Fotografi



Sebaiknya dalam belajar ilmu fotografi kita harus mengetahui beberapa istilah agar dalam penerapan praktek tidak salah kaprah dan terkesan alas jepret. Berikut beberapa istilah dasar dalam fotografi yang wajib dipahami.
1. Diafragma/Bukaan/Aperture
Biasa disebut juga dengan bukaan lensa, ini berfungsi untuk menangkap intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera. Intinya semakin besar bukaan lensa akan semakin besar menangkap cahaya, hal ini berpengaruh pada ruang tajam gambar (DOF) atau biasa disebut dengan Depth Of Field.
2. Speed
Dari namanya sudah jelas berhubungan dengan kecepatan, speed adalah kecepatan kamera dalam menangkap sebuah gambar. Speed ini bisa dirubah sesuai keinginan dan kebutuhan objek yang akan kita foto. Semakin cepat pengaturan speed semakin beku gambar tersebut dan semakin lambat speed akan membutuhkan stabilizer agar gambar tidak shake.
3. Depth Of Field (DOF)
Adalah ruang tajam pada gambar atau foto, pembagian gambar yang focus atau blur. DOF ini ditentukan oleh oleh diafragma/bukaan pada lensa. Tentunya semakin besar diafragma akan semakin sempit pula ruang tajam yang didapat.
4. ISO
Tingkat sensitifitas cahaya tergantung pada ISO. Semakin besar angka pada ISO akan semakin sensitive dalam menangkap cahaya, namun efeknya akan timbul noise pada foto yang dihasilkan.
5. Mode Dial
Dalam setiap kamera pasti memilik mode dial baik itu dalam bentuk tombol maupun panel putar. Biasanya yang nampak ada 5 macam mode dial yaitu :
  1. Auto adalah pengaturan paling mudah dalam kamera, karena semua sudah diatur dan deprogram secara otomatis, pemakai kamare tinggal pencet shutter langsung jadi foto.
  2. Aperture Priority, kecepatan akan diatur secara otomatis kemudian untuk diafragma/bukaan kita atur sendiri sesuai kebutuhan
  3. Speed Priority, system ini merupakan kebalikan dari Aperture Priority
  4. Program, semua telah diatur oleh kamera.
  5. Manual, dengan mode manual kita dapat bereksperimen mulai dari pengaturan WB, Speed dan sebagainya.
Semoga berkenan…. Salam Fotografi,…
sumber foto DEVIANT
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar