Selasa, 13 November 2012

Fotografi Human Interest

assalamualakum...

ketemu lagi bersama saya  disaluran yang sama,,,tapi dengan rubrik yang berbeda,hehe..:p

seperti janji saya di postingan yang lalu,,
kali ini mulai lagi kita ngomongin maslah jepret-menjepret alias Fotografi..

dan yang mau di obrolin kali ini adalah tentang Fotografi Human Interest..

apasih arti human interest...???

secara harfiah Fotografi Human Interest itu terdiri dari tiga kata "Fotografi" yang artinya "seni menangkap cahaya (gambar)", "Human" yang berarti "Manusia",dan "Interest" yang artinya "Menarik"..


atau kalau boleh diartikan Fotografi Human Interest itu adalah suatu seni mengambil gambar dengan objek manusia dengan segala perilaku dan apapun yang dilakukannya yang menarik untuk diabadikan (Pradana 2011) .

manusia dengan segala aspek kehudupannya selalu saja menarik untuk dijadiakan objek pengambilan gambar. segi kemenarikan tidak hanya karena kemudahan menemukannya itu lebih sering dipicu oleh apa yang dilakukannya, yang terasa menyentuh.

Baik itu aktivitas dalam suatu adat budaya suatu masyarakat tertentu maupun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, yang sering terasa biasa bagi mata orang awam tetapi menarik bagi mata seorang pemotret.

Keadaan ataupun kondisi yang bisa dijadikan sebagai obyek foto Human Interest akan sangat beragam. Namun begitu pada umumnya foto Human Interest menggunakan obyek foto yang didalamnya menyertakan keberadaan sosok manusia.

Hal tersebut merupakan keadaan yang lumrah, karena perasaan kemanusiaan seseorang akan lebih mudah tergugah ketika menyaksikan keadaan atau kondisi yang secara mudah memunculkan empati. Kita akan lebih mudah berempati pada kondisi-kondisi dimana sosok kita sebagai manusia ada didalamnya.

Truz tahapan apa yang musti dialakukan...????

sebagai seorang Newbie aku juga masih kurang untuk pengalaman human interest,,tapi ada beberapa hal yang mungkin bisa dikakukan bagi agan-agan yang mau mencoba fotografi human interest..

1. survei dan tentukan lokasi (ini yang terpenting jangan sampai kita jalan tanpa tujuan)
2. siapkan alat: bagi pengguna DSLR siapkan kamera tele 18-200mm atau 70-300mm dengan begitu kita dapat mengambil gambar natural dari jauh,,atau dapat menggunakan kamera saku dengan teknik candid
3. tentukan spot dan objek yang akan diambil
4. lakukan pengambilan gambar
5. untuk menambah kesan dramatis dapat selanjutnya melakukan sedikit olah digital

nah gak usah panjang lebar ini beberapa contoh hasil jepretan aku,,
tapi mohon maaf masih banyak kekurangan di sana-sini mohon dimaklumi..

selamat menikmati..


Sumber :
http://rizkipradana.blogspot.com/2011/04/fotografi-human-interest.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar